Jumat, 24 Februari 2017

Contoh Teks Prosedur


Bermain Gobak Sodor

Oleh : Binti Solikhah



            Gobak sodor adalah permainan asli dari daerah Indonesia yang menuntut ketangkasan menyentuh badan lawan. Permainan ini sangat baik sebagai ajang olahraga, karena dalam permainannya diperlukan banyak gerakan. Namun ironisnya permainan yang sangat unik ini, kini telah jarang dimainkan oleh anak Indonesia atau bahkan telah punah dikalangan mereka. Hampir seluruh anak-anak kini lebih menyenangi permainan yang berbau teknologi, seperti game online. Namun sebenarnya dibandingkan permainan modern, permainan tradisional (gobak sodor) jauh lebih menyenangkan. Selain itu, permainan ini banyak memberikan pelajaran pada anak tentang bagaimana bekerjasama dengan kelompok dan berinteraksi dengan teman sepermainan. Oleh sebab itu, permainan tradisional gobak sodor harus dilestarikan dengan cara terus dimainkan oleh anak-anak. Berikut akan dipaparkan cara bermain gobak sodor yang mengasyikkan.

Cara bermain   :

1)      Terlebih dahulu, para pemain dibagi menjadi dua kelompok yang terdiri dari 3-5 orang (menyesuaikan dengan jumlah pemain).

2)      Setelah dibentuk menjadi dua kelompok, maka tahap selanjutnya adalah menentukan kelompok yang berjaga dan bermain.

3)      Selanjutnya, para pemain harus berada pada posisinya, yaitu kelompok yang mendapatkan giliran jaga harus berada pada garis vertical dan horizontal yang telah dibuat. Sedangkan kelompok yang mendapatkan giliran bermain harus berada pada posisi di depan garis start.

4)      Setelah semua kelompok siap, maka permainan bisa dimulai.

5)      Anggota kelompok jaga harus menjaga di masing-masing garis yang telah ditentukan dan boleh bergerak sepanjang garis tersebut untuk menyentuh anggota tim lawan.

6)      Kelompok yang bermain berdiri di garis yang paling depan dan berusaha menerobos garis-garis tersebut dan tidak boleh sampai tersentuh oleh kelompok yang jaga.

7)      Setelah berhasil menerobos garis paling akhir, mereka harus berusaha kembali ke tempat pertama mereka mulai.

8)      Bila berhasil, mereka akan mendapatkan satu nilai.

9)      Sedangkan bila ada anggota kelompok yang tersentuh berarti giliran berganti.

10)  Kelompok  yang tersentuh akan bertugas untuk menjaga.

11)  Kelompok  yang menang adalah yang mengumpulkan nilai paling banyak.

12)  Selamat mencoba permainan tradisonal gobak sodor yang menyenangkan.

Tetap mainkan permainan gobak sodor, supaya permainan tradisional Indonesia yang kini mengalami masa kepunahan bisa tetap lestari. Permainan ini sangat mengasyikkan dan menyehatkan karena didalamnya memerlukan keaktivan tubuh dibandingkan permainan modern yang cenderung hanya duduk di depan computer saja. Jadi marilah kita cintai budaya bangsa sendiri !







Tidak ada komentar:

Posting Komentar